Sunday, September 29, 2013

Percikan Hati

Tidak ada manusia yang sempurna.., sebuah kalimat diplomatis yang acap kali saya dengar. Terbilang klasik, tapi cukup menggelitik tangan saya untuk sekedar menuturkan sudut kecil dari kehidupan saya.

Sifat dan perilaku manusia sungguh beranekaragam, itu tidak dapat dipungkiri. Ada yang baik ada pula yang congkak dan tinggi hati. Allah telah menciptakan manusia dengan fisik dan karakter yang berbeda. Tentu saja bukan tanpa tujuan. Semua agar manusia bisa hidup berdampingan, berlomba dalam kebaikan. Karena hanya manusia yang paling baik, paling mulia, dan takwa yang dapat meraih surgaNya.

Dan kini saya berada disebuah titik dimana saya tengah belajar menjadi manusia yang lebih baik, mencoba menerima setiap kekurangan orang lain. Meski itu tidak mudah, karena saya harus melawan ego saya sendiri sekuat  hati. Memang sangat tidak menyenangkan jika kita berada di tengah-tengah orang sombong, tinggi hati, merasa paling kaya, dan sok tahu. Rasanya ingin sekali marah dan membalasnya. Tapi jika kita melakukannya, lalu apa bedanya kita dengan dia?

Meski diliputi rasa jengkel dan kesal, cobalah untuk tetap bersikap tenang, diam dan berusahalah memahami, bahwa tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Memang tidak adil rasanya jika hanya kita yang terus menjaga perasaan orang lain, sedangkan orang lain kerap kali menyakiti perasaan kita. Tapi yakinlah tidak ada kebaikan yang sia-sia. Karena cepat atau lambat kita juga yang akan menuai buah dari kebajikan yang kita lakukan.

No comments:

Post a Comment

Lilypie - Personal pictureLilypie Breastfeeding tickers
Daisypath Anniversary tickers
Lilypie - Personal pictureLilypie First Birthday tickers